modif honda cs 1 bore up 150 cc

Bore up 150cc Honda CS1 Saya mulai dengan mengganti piston standar CS1 yg berukuran 58mm diganti dengan piston honda Tiger yang berukuran 63,5mm.

Kalo dihitung, V = phi / 4 x (6,35)kuadrat x (4,72).
Maka ketemu Volume yang baru adalah 149,4cc


Askruk masih standar, juga connecting rod masih standar. Perubahan ada saat mengawinkan conrod standar yg memiliki pen piston diameter 13mm dengan pen piston tiger yg berlingkar 15mm. Alhasil, system shock pen piston dilakukan dengan bahan menggunakan standar pen piston tiger yang kemudian di shock dengan pen piston cs1 13mm.

Silinder block dilakukan penggantian boring, menggunakan boring Honda Tiger dengan spesial design by HKU Racing yang dibenamkan piston Tiger dengan suksesnya. Oya, crankcase tengah tidak mengalami perubahan, karena diameter tengah sudah besar. Namun ada yg harus diwaspadai adalah ketinggian piston Tiger lebih tinggi 6mm dibanding piston CS1.

Bisa saja sih silinder block di tambah packing aluminium 6mm. Tapi saya ingin packing setipis mungkin agar rantai mesin tidak perlu disambung sehingga masih memakai rantai mesin standard-nya. Alhasil, piston di redesign kemudian paking menggunakan aluminium 1mm saja.

Setelah set TOP piston selesai, saatnya beralih ke silinder head. Kubah dan squish area tidak dirubah, ‘kan piston nya di redesign :)

Packing head pesan khusus dengan tebal 1mm, agar tidak terjadi kebocoran air radiator. Karena motor sudah datang dengan CDI racing yg terpasang, maka sektor pegas katub harus dibenahi. Pegas katub diganjal ring tembaga 1mm, agar frekuensi floating pegas sedikit beranjak naek. Hasilnya gejala klep bersenggolan dengan piston tak terjadi..
Porting in – ex masih standar.. Belum dijamah mata bore tune…

Lanjut ke karburator… Dipakai karbu keihin SP28mm milik NSR, dengan spuyer slowjet 45 dan mainjet 130. Putaran air screw 1,5putaran keluar. Filter di lepas, biar sedotan udara tidak terhambat dan lari motor bisa cepaaattt!!!

Mesin dah oke… Tenaga pun melonjak… Sekarang beralih ke system transfer tenaga yaitu kopling.
Kanvas kopling langsung kita ganti dengan merek BRT,Gak lupa pegas kopling jg diganti merek hkuracing…

Pelumas menggunakan enoc api service SL dengan viscositas 20w50
Setelah dicoba, rasanya nya nikmat, tapi sayangnya gear belakang terlalu pendek track nya… Akhirnya diganti dengan gear mata 40 (Standar-nya 42)

Comments

Popular Posts